Mencegah Global Warming, Bagaimana caranya??

mencegah global warming
Mencegah global warming

Mencegah Global Warming – Akhir-akhir ini cuaca tidak menentu, harusnya musim panas malah musim hujan, waktunya musim hujan malah panas. Ini karena pemanasan global atau bahasa keren nya global warming…

Bumi jadi semakin panas. Es di kutub semakin mencair, akibatnya ketinggian air laut naik. Ini dampak global warming…

Penyebab global warming sebagian besar di akibatkan oleh penggunaan bahan bakar fosil yang berdampak pada peningkatan kadar karbon dioksida di atmosfer. Total konsumsi bahan bakar fosil baik dari minyak bumi maupun batu bara di seluruh dunia selalu mengalami peningkatan 1% / tahunnya.

Selain bahar bakar fosil, penyebab global warming lainnya adalah adanya beberapa gas di atmosfer bumi yang menyebabkan efek rumah kaca.

Contoh gas rumah kaca diantaranya adalah Karbon Dioksida, Nitrogen Dioksida, Nitrogen Monoksida.

Ada pula senyawa yang bersifat organik misalnya metana dan cloroflourcarbon yang juga menyebabkan global warming.

Sebenarnya sudah banyak kebijakan serta upaya yang dilakukan untuk mencegah global warming.

Namun itu belum bisa dirasakan dampaknya, kenapa bisa seperti itu????

Karena baru segelintir orang yang peduli dengan isu global warming ini, serta masih banyak orang yang belum mengetahui cara – cara mencegah global warming.

Sebenarnya ada banyak kegiatan untuk mengurangi pemanasan global dan pencegahan pemanasan global dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi bagaimana cara mengatasi global warming??
Cara mengurangi efek rumah kaca??

Hah… selanjutnya akan kita kupas apa saja sih yang bisa kita lakukan untuk menolong bumi tempat tinggal kita ini.

Berikut adalah 7 cara mencegah global warming yang bisa dilakukan oleh setiap orang di bumi ini…

mencegah global warming

1. Lakukan 3R (Reduce, Reuse, Recycle)

Salah satu cara mencegah global warming adalah dengan Reduce dalam artian disini mengurangi jumlah limbah, contoh sederhananya limbah rumah tangga atau sampah kita sehari-hari.

Pernahkah kita berpikir berapa banyak sampah kita dalam 1 tahun???

Sampah – sampah tersebut biasanya kita bakar dan hasil pembakaran tersebut adalah karbon dioksida. Kita tahu kan karbon dioksida penyebab global warming.

Oleh karena itu dalam membeli barang sebaiknya memilih yang bisa di gunakan kembali (reuse), dengan cara itu kita bisa mengurangi sampah kita, atau lebih baik lagi kita bisa melakukan daur ulang sampah tersebut, baik sampah kertas, plastik, koran, majalah, gelas dan kaleng-kaleng almunium.

Kita bisa menggunakan kaleng bekas untuk pot bunga misal nya, banyak pula komunitas daur ulang, dan video di Youtube tentang tutorial daur ulang sampah, kita bisa belajar dari situ.

Karena dengan mendaur ulang sampah kita paling tidak setengahnya, berarti kita bisa mengurangi karbon dioksida sebesar 2.400 kg / tahun.

Luar biasa bukan…….. 🙂

2. Melakukan Penghematan Listrik

Untuk mengurangi global warming bisa dilakukan dengan penghematan listrik.

Hahhhc…..Penghematan listrik??? kok bisa…

Apa hubungan penghematan listrik dengan global warming??

Hampir semua manusia dipastikan menggunakan listrik untuk berbagai keperluannya sehari-hari. Peran listrik sangat vital dalam perkembangan kehidupan modern seperti sekarang ini.

Akan tetapi perlu kita tahu, listrik yang kita gunakan selama ini sebagian besar diproduksi oleh pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar fosil yaitu batu bara. Seperti kita ketahui batu bara menghasilkan karbon dioksida yang menjadi salah satu penyebab global warming.

Jadi semakin banyak kita menggunakan listrik, semakin besar gas karbon dioksida yang dihasilkan pembangkit listrik. Sehingga efek rumah kaca bisa bertambah buruk.

Oleh karena itu penghematan listrik menjadi sangat penting untuk kita lakukan demi menjaga bumi ini. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mematikan lampu jika tidak dipakai, mencabut kabel peralatan elektronik jika sudah tidak digunakan.

mencegah global warming

3. Kurangi Penggunaan Pendingin Ruangan

Kenapa harus mengurangi penggunaan pendingin ruangan?

karena dengan mengurangi penggunaan pendingin ruangan atau air conditioning (AC) kita bisa menghemat energi lebih dari 25% dari rata-rata energi yang kita gunakan setiap hari.

Selain itu masih banyak AC yang menggunakan CFC, seperti pembahasan diatas CFC adalah salah satu senyawa yang menyebabkan efek rumah kaca.

Efek rumah kaca yang terjadi pada saat ini 20% nya di akibatkan penggunaan CFC. Namun kini sudah ada pendingin ruangan yang tidak menggunakan CFC.

Sebaiknya untuk mengatasi suhu ruangan yang panas dengan membuat sirkulasi udara dirumah dengan sebaik mungkin, memperbanyak ventilasi udara, membuka jendela juga bisa membantu mendinginkan suhu ruangan, juga dengan menanam pohon disekitar rumah.

Namun jika memang sangat membutuhkan AC untuk menjaga suhu ruangan sepanjang waktu, aturlah termostat anda 2 derajat lebih rendah dari suhu ruang.

Jadi ayo mulai sekarang kurangi penggunaan pendingin ruangan 🙂

4. Kurangi Penggunaan Kendaraan Pribadi

Dengan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi akan berdampak berkurangnya emisi, dimana emisi kendaraan menghasilkan karbon dioksida. Kita bisa memilih bahan bakar yang tingkat emisi nya rendah.

Jika tempat kerja dekat mungkin bisa dicoba untuk bersepeda atau berjalan kaki ke kantor. Selain bisa mengurangi emisi, bersepeda dan berjalan bisa membuat kita lebih hemat serta sehat.

Namun jika membutuhkan kendaraan pribadi, kita harus pastikan kendaraan kita dalam kondisi baik.

Misalnya, rutin mengganti oli, semakin lama oli akan hilang kekentalan dan menghitam karena bercampur kerak mesin, ini akan membuat putaran mesin jadi lebih berat berakibat pada penggunaan bahar bakar yang lebih banyak tentu ini akan menghasilkan emisi lebih besar dibandingkan jika kita rutin mengganti Oli.

Kita juga harus menjaga ukuran angin ban kendaraan kita. karena jika ban kendaraan kurang angin, akan meningkatkan gas mileage lebih dari 3%. Bisa diartikan bila tekanan angin ban kurang akan membuat bahan bakar lebih boros.

Mulai sekarang selalu jaga kondisi kendaraan yang kamu miliki, selain berdampak baik pada bumi kita juga berdampak baik pada kantong kamu lho…

5. Melakukan Reboisasi

Reboisasi?? Apa ya ini, sepertinya pernah dengar…

Mungkin ada yang timbul pertanyaan demikian setelah membaca sub judul nya. Kita sering mendengar kata reboisasi saat kita masih sekolah dasar.

Mungkin juga kamu masih ingat arti reboisasi. Reboisasi adalah penanaman pohon kembali.

Apa pentingnya reboisasi?

Tahukah kamu Pohon dan jenis tumbuhan berklorofil berperan penting dan sangat vital dalam membersihkan udara. Sebab tumbuhan berklorofil memiliki kemampuan mengolah karbon dioksida dengan dicampur air, unsur hara serta bantuan matahari menjadi oksigen dan bahan organik.

Oksigen adalah faktor penentu dan sangat penting dalam kehidupan mahluk di bumi ini. Tanpa oksigen, seluruh mahluk hidup termasuk kita didalamnya tidak akan bisa bernafas.

Jadi betapa pentingnya pohon bagi ke berlangsungan hidup kita…???

Marilah kita mulai menanam pohon untuk kehidupan kita.

6. Mulai Beralih ke Energi Alternatif

Mencegah pemanasan global juga dapat dilakukan dengan beralih menggunakan energi alternatif.

Penggunaan energi alternatif harusnya segera diterapkan diseluruh dunia. Dimulai dari pembangkit listrik dengan bahan bakar fossil diganti dengan energi terbarukan, seperti sinar matahari, angin, air dan panas bumi.

Sumber – sumber energi terbarukan tersebut berlimpah ruah, tinggal manusia untuk mengolahnya dan memanfaatkannya dengan maksimal.

mencegah global warming

7. Kurangilah Penggunaan Kertas

Tentu kita sudah tahu bahwa kertas berasal dari kayu. Semakin banyak menggunakan kertas ini akan mengakibatkan pemanasan global. Karena semakin banyak pohon yang ditebang untuk memproduksi kertas.

inilah alasan konkrit kenapa kita harus menghemat penggunaan kertas, yang tentu saja demi kelestarian lingkungan. Jadi ayo dimulai dari diri kita untuk menggunakan kertas se-efisien mungkin.

Itulah 7 Upaya Sederhana Mencegah Global Warming. Beberapa hal bisa mulai kita terapkan pada diri kita, rumah dan lingkungan kita. Mari jaga bumi !! tempat kita berpijak dan mengembangkan peradaban…

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.