Belajar Excel : Rumus If Bertingkat dan Contohnya

Sudah tahukan rumus if atau biasa disebut fungsi if pada excel?? yang udah pada tahu, kali ini kita akan belajar tentang rumus if bertingkat.

Jika mungkin masih ada yang belum tahu fungsi if pada excel, sintaks dan kegunaannya, tenang aja kalian bisa pelajari di artikel panduan excel sebelumnya Belajar Membuat Rumus IF Sederhana pada Excel dan Contohnya.

Balik lagi ke fokus materi kali ini yaa…

Kita akan membahas tentang if bertingkat, Apa sih rumus if bertingkat itu?? terus apa bedanya dengan rumus if sederhana yang sudah kita pelajari sebelumnya?

Apa itu rumus IF bertingkat?

IF bertingkat merupakan penggunaan fungsi if yang memiliki lebih dari satu logical_test atau kondisi.

IF bertingkat ini memanipulasi Fungsi if sederhana terutama pada bagian value_if_false sebagai IF Percabangan (Nested IF).

Apa Bedanya Rumus IF Bertingkat dengan Rumus IF Sederhana?

Dari segi penggunaan sih sebenarnya sama saja, namun dalam penulisan sintaks nya berbeda, dimana if bertingkat ini pada dasarnya adalah memasukkan fungsi if kedalam fungsi if lainnya.

Sintaks IF Bertingkat

=IF(logical_test1;[value_if_true];logical_test2;value2_if_true],…,[logical_testN];[valueN_if_true];[valueN_if_false])

Mari kita uraikan sintaks diatas:

  • =IF : ini syarat penggunaan rumus IF
  • logical_test1 : Ini adalah kondisi awal atau pertama dari logika yang kita buat
  • Value_if_true : Berisi pernyataan tentang apa yang ditunjukkan jika benar
  • logical_test2 : Nah, Jika logical_test1 ini tidak terpenuhi alias hasilnya false maka akan dijalankan logika atau kondisi kedua.
  • value2_if_true] : Berisi pernyataan benar dari kondisi kedua.

Hal ini akan terus berulang bertingkat sampai maksimal 64 tingkat, sepertinya sih kita gak mungkin menggunakan Fungsi if sampai 64 tingkat, bisa botak tu kepala mikir logikanya :0

Contoh Penerapan IF Bertingkat

Disini kita akan menerapkan sintaks if bertingkat yang sudah kita pelajari, kita gunakan contoh materi sebelumnya aja ya, yang di artikel Belajar Membuat Rumus IF Sederhana pada Excel dan Contohnya.

Pada artikel sebelumnya kita buat contoh daftar nilai siswa dengan status LULUS atau REMIDI, nah kali ini kita akan memodifikasi nya, untuk dijadikan bahan contoh penerapan IF bertingkat.

Terlihat pada tabel daftar nilai ada kolom No. Induk, Nama, Nilai Rata-Rata Ujian, Status, dan Nilai dalam bentuk huruf

rumus if bertingkat

Maka kita akan mengkonversi Nilai Rata – Rata Ujian menjadi nilai dalam bentuk huruf untuk mengisi kolom Nilai, kita akan membuat range nilai. Misal:

  • Nilai 91-100 = A
  • Nilai 80-89 = B
  • Nilai 70-79 = C
  • Nilai 0-69 = D

Jika kita rubah menjadi rumus if bertingkat maka akan menjadi seperti berikut:

=IF(D5>90;”A”;IF(D5>80;”B”;IF(D5>69;”C”;”D”)))

Masukkan rumus diatas pada kolom F5, maka kolom tersebut akan terisi huruf sesuai kondisi yang kita buat, Kolom D5 berisi nilai rata – rata 70 maka pada kolom F5 isinya adalah C. Tinggal tarik kebawah pojok kanan cell F5 sampai semua kolom Nilai terisi semua. Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini:

Jika hasilnya tidak seperti digambar atau masih bingung, bisa download workbook contoh if bertingkat daftar nilai siswa di link dibawah ini:

Contoh If Bertingkat daftar nilai siswa.xlsx

silahkan download workbook contoh if bertingkat diatas, agar lebih mudah memahaminya. Semoga bisa membantu untuk belajar excel untuk mempermudah tugas – tugas anda.

Terimakasih.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.