Pengertian Kabel UTP, Kupas Tuntas dan Lengkap!!!

Pengertian Kabel UTP – Seperti yang sudah kita ketahui jaringan komputer bisa dibagi menjadi dua macam, yaitu jaringan komputer dengan kabel dan tanpa kabel (wireless).

Di era sekarang jaringan yang berbasis wireless lah yang menjadi pilihan utama karena kemudahannya dalam instalasi. Namun kekurangannya adalah tingkat interferensi sinyal yang cukup besar dibanding dengan kabel.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan jaringan komputer dengan kabel. Membangun jaringan dengan kabel masih menjadi pilihan yang baik, apalagi jika hanya membangun jaringan dalam skala kecil, contohnya diterapkan pada jaringan lokal (LAN).

Dalam penerapan nya jaringan LAN kebanyakan menggunakan kabel UTP, Mungkin hal ini didasari oleh mudahnya mendapatkan kabel jenis ini dan harga yang cukup ekonomis dan dalam instalasi nya juga tidak terlalu sulit.

Apa itu kabel UTP ?? Pengertian kabel UTP seperti apa, pembahasan kali ini akan mengulas tuntas tentang pengertian kabel UTP dan jenis – jenis kategori kabel UTP.

Pengertian Kabel UTP

Gambar Kabel UTP

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) merupakan satu dari sekian jenis kabel jaringan yang digunakan untuk mentransmisikan data.

Jenis kabel ini paling banyak di terapkan dalam pembangunan jaringan LAN. Beberapa alasannya adalah dari segi harga yang cukup ekonomis, tapi bisa di andalkan dan instalasi nya tidak rumit.

sesuai dengan namanya Unshielded Twisted Pair, kabel ini  terdiri dari kabel yang di lilit berpasangan tidak berpelindung. Lilitan ini mempunyai fungsi untuk mengurangi interferensi pada transmisi data dan untuk menghindari crosstalk.

yang dimaksud crosstalk adalah suatu sambungan saling terkait yang tidak di inginkan di saluran komunikasi.

pengertian kabel UTP
kategori kabel utp

Jenis – Jenis Kabel UTP

Kabel UTP ini memiliki beberapa jenis kategori, tiap jenis nya memiliki kualitas dan kerapatan lilitan yang berbeda. Semakin tinggi kategori yang dimiliki maka akan semakin rapat lilitannya.

Berikut jenis – jenis kabel UTP sesuai kategorinya :

1. Kabel UTP Cat 1

Kabel kategori ini memiliki kecepatan transmisi paling rendah dibanding dengan kategori kabel UTP lainnya. Oleh karena itu kabel jenis ini tidak cocok untuk mentransmisikan data internet. Kabel jenis ini hanya cocok untuk komunikasi telepon.

2. Kabel UTP Cat 2

Kabel dengan Kategori 2 sudah mampu mentransmisikan data, meski hanya sampai kecepatan 4 Mbps (Megabits per second).

3. Kabel UTP Cat 3

Kabel kategori 3 diterapkan pada jaringan berbasis 10BaseT.  10BaseT merupakan kependekan dari 10 Mbps Baseband Twisted Pair. kabel jenis ini mampu mentransmisikan data sampai 10 Mbps.

pengertian kabel UTP

4. Kabel UTP Cat 4

Banyak digunakan pada topologi Token Ring, kabel jenis ini memiliki kecepatan transmisi data sampai 16 Mbps.

5. Kabel UTP Cat 5

Dengan kerapatan yang jauh lebih baik daripada kategori kabel yang sudah dijelaskan diatas, kabel kategori 5 memiliki kecepatan dalam mentransmisikan data sampai 100 Mbps.

6. Kabel UTP Cat 5e

ini adalah jenis kabel dari pengembangan kabel cat 5, memiliki kecepatan transmisi data sampai 1000 Mbps dan memiliki Frekuensi sinyal mencapai 100 MHz.

7. Kabel UTP Cat 6

Hampir sama dengan cat 5e yang mampu mentransmisikan data sampai kecepatan 1000 Mbps, Bedanya adalah kabel jenis ini memiliki frekuensi sinyal mencapai 200 MHz.

Secara fisik dapat terlihat beda kabel ini dengan yang lain, yaitu terdapat pemisah yang terbuat dari plastik berfungsi memisahkan ke-empat lilitan dalam kabel tersebut.

8. Kabel UTP Cat 7

memiliki kecepatan transmisikan data sampai 1 Gigabit per detik (1 Gbps) dan memiliki frekuensi sinyal sampai 400 Mhz, membuat kabel kategori ini menjadi kabel UTP dengan kemampuan terbaik dibanding kabel UTP kategori yang lain.

pengertian kabel utp

Jaringan LAN biasanya menggunakan socket Ethernet, dimana dalam jaringan jenis ini terdapat dua macam susunan kabel yaitu kabel Straight dan Cross Over. Salah satu dari susunan kabel tersebut dalam penggunaannya disesuaikan dengan perangkat jaringan komputer yang digunakan.

Kabel Straight digunakan untung menghubungkan dua perangkat yang berbeda, misalnya dari switch/hub ke pc atau dari port ke switch / hub.

Sedangkan kabel dengan susunan Cross Over digunakan untuk mengkoneksikan peer to peer, misalnya antara dua komputer / laptop yang di hubungkan melalui ethernet card.

Gambar kabel utp straight & cross

Lalu apa dimana letak perbedaannya antar straight dan cross over ???

Perbedaannya terletak pada susunan warna pada pin konektor RJ-45. Oh iya, RJ-45 adalah konektor untuk kabel UTP. Terdapat 8 pin di konektor RJ-45 dimana nantinya 8 warna dari kabel UTP akan di tancapkan ke tiap pin tersebut.

Kabel UTP memiliki 8 warna antara lain Oranye, Putih Oranye, hijau, putih hijau, biru, putih biru, coklat, putih coklat. Kita harus cermat dalam penyusunan tiap warna kabel tersebut dan menancap dengan baik pada pin konektor RJ-45.

Demikian artikel kali ini ulasan tentang pengertian kabel UTP dan berbagai jenis serta fungsinya. Semoga artikel ini dapat membantu memahami kabel UTP untuk digunakan membangun jaringan. 🙂

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.