Macam – macam Kabel Jaringan Komputer, Pengertian dan Fungsinya

kabel jaringan

Macam – Macam Kabel Jaringan – Tahukah apa itu kabel jaringan komputer??? ada berbagai macam kabel jaringan komputer pada saat ini.

Meskipun saat ini kebanyakan jaringan berbasis wireless atau tanpa kabel, dengan segala kemudahan dan kepraktisannya karena instalasi yang no ribet – ribet.

Namun masih banyak juga yang membangun sebuah jaringan komputer berbasis kabel. Malah kebanyakan menggabungkan keduanya, yaitu membangun jaringan dengan berbasis kabel dan wireless.

Untuk saat ini mari kita ulas Macam – macam kabel jaringan, dan semua hal tentang jaringan komputer.

Pengertian Kabel Jaringan Komputer

kabel jaringan

Kabel jaringan komputer adalah bagian dari perangkat keras komputer berbentuk kabel dimana kabel ini dirancang secara khusus dan memiliki kriteria tertentu.

Kabel jaringan komputer digunakan sebagai penghubung atau media transmisi terarah (guieded/wireline) pada suatu jaringan komputer.

Maksud dari media transmisi terarah (guieded/wireline) disini itu adalah suatu kondisi dimana gelombang elektromagnetik yang diarahkan sepanjang fisik, dimana yang dimaksud fisik disini adalah kabel jaringan.

Kelebihan Kabel Jaringan Komputer

Berikut adalah kelebihan membangun jaringan komputer dengan kabel :

  • Jaringan kabel ini bisa digunakan dimana saja terutama di daerah pelosok yang tidak memiliki access point wireless, kabel dapat menyuplai kebutuhan jaringan di daerah tersebut.
  • Keunggulan lainnya adalah biaya, dari segi biaya pembangunan jaringan komputer dengan kabel sangat lebih murah jika dibanding jaringan wireless.
  • Jaringan kabel lebih stabil dan tidak terpengaruh cuaca dalam mentransmisikan data.

Kelemahan Kabel Jaringan Komputer

Ada kelebihan tentu pasti ada juga kekurangannya, berikut kekurangan dari kabel jaringan komputer :

  • Untuk membangun jaringan komputer yang luas diperlukan jumlah kabel yang banyak.
  • Penataan kabel harus sangat diperhatikan terutama jika area nya luas, agar terhindar dari masalah, seperti kejepit atau digigit oleh tikus atau hewan pengerat lainnya.
  • Satu lagi kelemahan dari jaringan komputer dengan kabel adalah dari segi kerapihan, jika tidak cermat dalam penataan akan terlihat berantakan.

Fungsi Kabel Jaringan Komputer

Fungsi utama dari sebuah jaringan komputer pastinya adalah untuk mentransmisikan data dari server menuju komputer – komputer client melalui media kabel.

Dengan kabel ini jaringan akan dapat terbentuk hanya dengan mengkoneksikan kabel dengan server dan client serta perangkat keras lainnya.

Harus diperhatikan juga, penggunaan kabel jaringan ini harus didukung juga oleh berbagai perangkat keras jaringan yang berkualitas baik, agar tidak mengalami loss data atau gangguan pada saat mentransmisikan data.

Macam – Macam Kabel Jaringan Komputer

Penggunaa kabel jaringan komputer biasanya disesuaikan dengan kebutuhan dan topologi jaringan yang ingin digunakan. Misalnya untuk membangun Local Area Network (LAN). Ada 4 tipe kabel LAN yang bisa digunakan,

1. Kabel Coaxial

kabel jaringan

Kabel Coaxial adalah kabel yang terdiri dari dua penghantar, salah satu penghantarnya berada di tengah kabel dan dikelilingi oleh penghantar satunya lagi dengan pola lilitan melingkar.

Kabel coaxial memiliki prinsip kerja dengan cara menghantarkan arus listrik dari sumber listrik ke tujuannya.

Pada masa kini kabel jenis coaxial sudah jarang digunakan dan mulai ditinggalkan, hal ini diakibatkan karena port konektor BNC sudah jarang di temukan pada perangkat komputer ataupun perangkat jaringan lain.

Selain itu instalasi jaringan dengan kabel coaxial ini sulit dan butuh ketelitian dalam memasang konektor.

2. Kabel UTP

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah sepasang kabel yang dililit satu sama lain dengan tujuan mengurangi interferensi listrik yang dapat terdiri dari 2 atau lebih pasang kabel.

Dalam penerapannya kabel UTP sangat rentan akan intervensi terhadap voltase tinggi dan medan magnet. Kabel ini banyak digunakan untuk jaringan telepon dan juga jaringan LAN Kecil.

3. Kabel STP

kabel jaringan

Kabel STP (Shielded twisted pair) ini memiliki spesifikasi yang jauh lebih baik dari pada kabel UTP. Pada kabel STP memiliki kabel perlindungan di dalam lapisannya untuk melindungi kabel twisted pairnya.

Dengan lapisan tersebut membuat kabel STP memiliki kemampuan yang jauh lebih baik dibandingkan kabel UTP dalam menangkal noise dan gangguan magnetic.

4. Kabel Fiber Optic

Kabel jenis ini sangat berbeda dengan jenis kabel yang sudah disebutkan diatas, kabel jenis fiber optic tidak menggunakan tembaga sebagai penghantar.

Kabel fiber optic terbuat dari serat kaca yang amat tipis. Oleh karena terbuat dari serat kaca maka sinyal yang dikirim berupa cahaya dari sumber ke tujuan.

Itu sebabnya kabel jenis ini lebih cepat dalam mentransmisikan data dibanding dengan jenis kabel yang lain. Namun kabel ini memiliki kelemahan jika tertekuk akan timbul noise yang mengganggu pengiriman data.

Itulah ulasan mengenai Kabel Jaringan Komputer, mulai dari pengertian, kelebihan dan kekurangannya beserta juga macam – macam nya. Semoga bermanfaat yaaa….. Terimakasih 🙂

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.