Paragraf Argumentatif – Pengertian, Ciri dan Jenisnya

paragraf argumentatif

Paragraf Argumentatif – Mungkin sangat sering kita jumpai berbagai tulisan dengan isi opini – opini pribadi dari berbagai media informasi, entah itu dari media elektronik, media online, koran maupun majalah.

Dalam setiap opini inilah terdapat kalimat maupun paragraf argumentasi yang memiliki tujuan untuk mendukung ide yang ditulis.

Sepintas paragraf argumentasi ini terkesan mirip dengan paragraf eksposisi. Namun jelas terdapat perbedaan, pada paragraf ini cenderung membuat pembaca nya meyakini apa yang sedang mereka baca.

Sedangkan pada paragraf eksposisi hanya memberi informasi tanpa membuat pembaca meyakini nya.

Masih bingung tentang apa itu paragraf argumentasi ??? pada kesempatan ini mari kita ulas.

paragraf argumentatif

Pengertian Paragraf Argumentatif

Paragraf argumentasi adalah suatu paragraf yang berisikan gagasan – gagasan pribadi dari penulisnya baik berupa pendapat, ide , maupun opini.

Gagasan yang dikemukakan penulis ini didukung oleh berbagai bukti fakta – fakta dan alasan yang mampu mempengaruhi pembaca agar sependapat dan yakin dengan isi tulisan tersebut.

paragraf argumentatif

Ciri – Ciri Paragraf Argumentatif

Untuk yang sudah terbiasa mungkin tidak akan ada kesulitan dalam membuat paragraf argumentasi, namun untuk yang belum terbiasa pasti akan kesulitan untuk membuat paragraf tersebut.

Oleh sebab itu untuk memudahkan dalam membuat paragraf argumentatif caranya dengan memahami definisi dan ciri – ciri paragraf tersebut. Berikut adalah ciri – ciri dari Paragraf argumentatif :

  • Berisi ulasan atau gagasan serta keyakinan pribadi si penulis terhadap suatu permasalahan.
  • Memiliki fakta maupun data faktual untuk menguatkan argumen dari penulis sehingga dapat meyakinkan pembaca.
  • Dalam ulasannya, penulis menggunakan metode analisa dan menganalogikan suatu permasalahan.
  • Gagasan yang ingin dikemukakan penulis harus logis.
  • Di akhir paragraf terdapat kesimpulan yang berisikan pendapat yang lebih luas.

paragraf argumentatif

Jenis – Jenis Paragraf Argumentatif

Paragraf argumentasi dibagi menjadi dua jenis, bisa dilihat dari cara mengembangkan gagasan utama yaitu sebab-akibat dan akibat-sebab. Silahkan disimak penjelasan berikut ini :

1. Pargraf Argumentatif Sebab – akibat

Paragraf argumentasi sebab – akibat memiliki ciri – ciri yaitu awal paragraf berupa sebab-sebab dari suatu permasalahan, kemudian akan diarahkan kepada sebuah kesimpulan atau sebuah pernyataan dimana hal tersebut sebagai akibat dari sebab – sebab yang diuraikan di awal paragraf.

2. Paragraf Argumentatif Akibat – Sebab

Sedangkan paragraf argumentasi akibat – sebab merupakan kebalikan dari paragraf yang sudah di jelaskan sebelumnya.

Jadi di awali dengan memaparkan akibat – akibat dari suatu permasalahan dan dari pemaparan tersebut dikembangkan sehingga ditemukan apa sebab munculnya permasalahan tersebut.

paragraf argumentatif

Contoh – Contoh Paragraf Argumentatif

Kita sudah mengulas tentang pengertian, ciri – ciri serta jenis paragraf argumentasi, sekarang kita pahami contoh – contohnya dari berbagai tema, mungkin nantinya bisa dijadikan referensi dalam membuat paragraf argumentatif.

mari simak contoh – contoh berikut ini :

1. Contoh tentang Sampah

Dalam mengelola sampah harus dilakukan dengan baik. Karena jika tidak dikelola dengan baik dapat menimbulkan berbagai efek negatif. Sampah adalah benda padat yang merusak keindahan lingkungan, pemicu berbagai penyakit, berbau dan dampak negatif lainnya.

Daur ulang sampah menjadi solusi yang baik untuk mengelola sampah yang ada, baik itu sampah organik maupun sampah anorganik. Sampah – sampah tersebut bisa di daur ulang dan menjadi memiliki nilai jual, seperti dijadikan pupuk dari sampah organik, sedangkan sampah anorganik seperti sampah plastik dan kaleng bisa dijual atau jadi bahan kerajinan tangan.

Oleh karena itu, hendaknya mulai sekarang mari kita optimalkan daur ulang sampah. hal itu dilakukan untuk menghindari dampak negatif sampah, baik bagi manusia maupun terhadap lingkungan.

2. Contoh tentang Pendidikan

Sekolah SMK Budi Utomo mendapat predikat sebagai sekolah terbaik di Indonesia, yang selalu mencetak siswa – siswa berprestasi. Hal ini bisa dibuktikan siswa – siswa dari Sekolah ini menjadi juara dalam berbagai lomba akademik dan olimpiade sains.

Tak hanya itu, selain berprestasi dibidang akademik banyak juga murid yang berprestasi di bidang olahraga. Tahun lalu sekolah ini mengirimkan murid – murid nya sebagai atlet yang mewakili indonesia dalam kejuaraan Sea Games.

Prestasi mentereng dan predikat terbaik yang mereka dapat tidak diraih dengan mudah, akan tetapi semua itu karena latihan dan bimbingan para guru yang penuh dedikasi dan berkomitmen untuk mencetak anak didik yang unggul dalam segala bidang.

3. Contoh tentang Kesehatan

Perlu kita ketahui, meminum es teh manis secara berlebihan akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan. Menurut para ahli, dalam teh terkandung terdapat suatu zat dinamakan zat oksalat yang akan mengendap dalam tubuh dan diserap tubuh.

Jika zat ini sampai mengendap di ginjal, hal ini dapat memicu terjadinya penyakit batu ginjal. Selain hal tersebut gula yang terdapat pada es teh manis dapat menyebabkan diabetes jika mengkonsumsi nya secara berlebihan.

Untuk itu sebaiknya mulai sekarang kurangilah kebiasaan minum es teh manis secara berlebihan, agar tidak mengganggu kesehatan kita.

4. Contoh tentang Lingkungan Sekolah

Menjaga kebersihan lingkungan sangatlah penting, salah satunya adalah menjaga lingkungan sekolah. Misalnya saja, menjaga kebersihan di area kantin sekolah.

Di tempat ini terdapat penjual makanan minuman yang dibeli oleh para siswa dan siswi nya. Para penjual haruslah menjamin makanan dan minuman yang mereka jual sehat dan terjamin kebersihan nya.

Selain itu, yang harus juga menjadi perhatian adalah kebersihan kantin. Jika semua faktor tersebut terpenuhi, maka akan tercipta lingkungan kantin yang bersih dan sehat. Namun kenyataan nya masih banyak yang kurang kesadarannya untuk menjaga kebersihan kantin.

Oleh karena itu, mulai dari diri kita jagalah kebersihan kantin dengan tidak membuang sampah sembarangan. Kebersihan kantin menjadi tanggung jawab bersama, tidak hanya para penjual tapi juga para siswa yang membeli dan makan di kantin.

paragraf argumentatif

Demikianlah ulasan mengenai pengertian, ciri – ciri, jenis serta contoh paragraf argumentatif. Inti utama dalam membuat kalimat argumentatif adalah mengemukakan gagasan atau ide dengan di dukung bukti dan fakta – fakta yang relevan. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih 🙂

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.