Pengertian Air Tanah, Jenis dan Asal Usul Air Tanah

Pengertian air tanah – Air merupakan komponen yang sangat dibutuhkan untuk kehidupan mahluk yang ada di bumi, Tanpa air kehidupan di bumi akan berhenti.

Ada banyak jenis air di bumi ini seperti air hujan, air sungai dan air tanah. Dalam kehidupan kita air tanah memiliki peranan yang sangat penting. Mulai untuk menjaga keseimbangan alam, hingga untuk kebutuhan rumah tangga dan industri.

Selanjutnya mari kita ulas semua hal tentang air tanah, mulai dari pengertian air tanah, jenis air tanah dan asal usul terbentuknya air tanah.

Pengertian Air Tanah

pengertian air tanah

Air Tanah adalah air yang berada didalam lapisan tanah atau di bebatuan yang ada dibawah permukaan tanah. Asal usul air tanah yaitu dari air hujan yang meresap kedalam tanah dan selanjutnya terkumpul pada lapisan yang tidak dapat tertembus oleh air.

Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi seberapa banyak air hujan yang dapat meresap kedalam tanah diantaranya dipengaruhi tingkat kelembapan tanah, potositas tanah maupun bebatuan, tingkat kemiringan lereng, serta vegetasi yang menutupi lahan.

Proses Terbentuknya Air Tanah

pengertian air tanah

Air Tanah terbentuk dari air hujan yang turun ke bumi. Air hujan tersebut sebagian besar akan mengalir pada permukaan bumi mengisi sungai – sungai atau rawa – rawa, selanjutnya air – air ini akan meresap kedalam tanah hingga mencapai strude zone atau zona jenuh yang kemudian menjadi air tanah.

banyaknya Air yang meresap kedalam tanah tergantung pada jenis lapisan batuan nya. Berdasarkan hal tersebut terdapat dua tipe lapisan batuan, yaitu :

Lapisan Kedap Air

Lapisan ini disebut juga  Impermeable, kadar pori pada lapisan ini sangat kecil, sehingga air sulit meresap. Kadar Pori ialah banyak nya ruang dalam butir – butir tanah, dinyatakan dengan bilangan persen (%). contoh lapisan kedap air adalah lempung, geluh, napal.

Lapisan Tidak Kedap Air

kebalikan dari tanah yang kedap air, Lapisan tanah yang tidak kedap air (Permeable) memiliki kadar pori yang besar sehingga memiliki kemampuan menyerap air lebih besar. Air hujan akan terus meresap kebawah melalui lapisan ini sampai tertahan di lapisan kedap air.

air tanah yang terletak diantara dua lapisan kedap air disebut air preatis. Air preatis menimbulkan gejala seperti, sungai bawah tanah di daerah kapur, mata air, geyser, mata air artesis dan travertin.

Sumber Air Tanah

Ada dua sumber air tanah yaitu dari air di permukaan tanah dan dari air hujan. Sumber air tanah dari permukaan tanah ini berasal dari sungai, danau, rawa serta genangan air lainnya. selanjutnya air ini meresap melalui lajur jenuh.

Jenis – Jenis Air tanah

pengertian air tanah

1. Air Vados (Meteoric Water)

Air tanah vados adalah hasil dari presipitasi yaitu hujan yang saat berproses di atmosfer mengalami kondensasi dan percampuran debu meteor yang melesak pada lapisan atmosfer serta habis di lapisan tersebut.

Oleh karena itu air tanah jenis ini juga disebut air meteorit (meteoric water). Air tanah vados mengandung unsur debu meteor seperti tritium dan kimia air berat (H3). karena hal tersebut air  jenis ini juga disebut air tua.

2. Air Konat

Air jenis ini disebut juga air purba, hal ini dikarenakan air jenis ini sering berada didalam batuan selama ribuan bahkan jutaan tahun lamanya. Karakteristik air ini adalah kandungan garam nya melebihi kandungan garam pada air laut.

Jika air jenis ini terjebak dalam batuan sedimen di sekitaran gunung berapi, maka jenis air ini akan mengalami proses geologi menjadi air yang mengalami mineralisasi secara sempurna.

3. Air Juvenil

Jenis air tanah ini terbentuk dari proses intrusi magma di kedalaman tertentu, maka air tanah ini disebut juga air tanah magma. Air tanah ini dapat ditemukan di kawasan yang dekat dengan gunung merapi.

Air juvenil biasanya mengandung belerang tinggi, apabila jenis air ini sampai di permukaan bumi akan membentuk air panas (geyser).

4. Air Tanah Freatik

Jenis air tanah ini disebut juga air tanah dangkal, sesuai sebutan nya air tanah ini berada tidak jauh dari permukaan bumi. Air tanah ini paling mudah didapatkan dari pada jenis air tanah yang lain hanya dengan membuat sumur menggali tanah sedalam 9 – 16 meter untuk mendapatkan jenis air tanah ini.

5. Air Tanah Artesis

Air tanah ini terletak di lapisan kedap air pertama dan yang paling dekat dengan lapisan permukaan tanah. air tanah jenis ini disebut juga air tanah dalam karena terdapat di kedalaman 80 – 300 meter dari permukaan tanah.

karakteristik air ini bisa diminum langsung karena telah melalui penyaringan sempurna sehingga terbebas dari bakteri.

Menjaga Kelestarian Air Tanah

Untuk ke tersediaan air tanah yang baik kita perlu menjaga kelestarian air tanah di lingkungan kita, dengan melakukan hal – hal sebagai berikut :

  • Jangan menggunakan air tanah dengan berlebihan terutama untuk keperluan industri, karena dapat mempercepat penurunan volume air tanah.
  • Jangan melakukan perusakan hutan agar tidak terjadi ketimpangan tata air.
  • Pembuangan limbah domestik maupun limbah industri harus dipikirkan dengan baik, jangan sampai mencemari air tanah.
  • membuat sumur resapan di daerah – daerah yang padat penduduk.

Demikian penjelasan tentang pengertian air tanah, jenis air tanah dan cara melesatrikannya. Jagalah alam ini maka alam akan memberi banyak manfaat bagi kita.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.