Pengertian SQL, Kupas Tuntas Tentang SQL

Pengertian sql
Pengertian sql

Apa itu SQL???

Apa pentingnya tahu bahasa SQL??

Untuk teman-teman yang baru terjun kedunia IT, baik mahasiswa baru jurusan IT atau siswa-siswa TKJ pasti memiliki tanda tanya diatas saat pertama kali diperkenalkan bahasa SQL.

SQL adalah Structured Query Language yaitu suatu bahasa khusus yang digunakan untuk membuat dan mengolah database.

Bagi anak IT tentu sangat penting untuk belajar dan mengenal SQL, karena anda akan bersinggungan terus dengan SQL saat mulai belajar dan mengolah database. Oleh karena itu disini akan kita kupas tuntas tentang SQL.

Mulai dari pengertian SQL, Sejarahnya, Jenis perintah hingga fungsi – fungsinya.

Pengertian SQL

Structured Query Language atau biasa disebut SQL adalah suatu bahasa khusus yang digunakan untuk mengakses data-data yang ada di dalam sebuah database relasional.

SQL adalah bahasa komputer yang menggunakan standar ANSI (American Nasional Standard Institute) yang dipakai dalam manajemen database relasional.

Dengan SQL atau bisa juga disebut query kita dapat memanipulasi atau mengedit database sesuai yang kita kehendaki. seperti menjalankan query untuk mengambil data, menambah data, memperbarui data dan menghapus data.

Sampai sekarang hampir keseluruhan server database maupun software – software database lainnya mengenal serta mampu mengartikan bahasa SQL. oleh karenanya belajar bahasa SQL sangat penting bagi yang bergelut dibidang IT maupun yang selalu bersinggungan dengan database relasional.

Baca Juga : 

Sejarah SQL

Artikel dari Jhonny Oracle seorang peniliti dari IBM yang memulai sejarah SQL, dalam artikelnya Jhonny membahas tentang ide membuat basis data relasional.

Artikel tersebut dibuat pada bulan Juni 1970. inilah yang mengawali lahirnya SQL.

Selain itu dalam artikel juga membahas kemungkinan penggunaan bahasa standar guna mengakses data yang terdapat dalam basis data tersebut. bahasa tersebut diberi nama SEQUEL (Structured English Query Language).

Setelah artikel dirilis, IBM mulai menjalankan proyek pembuatan basis data relasional dengan menggunakan bahasa SEQUEL. Namun akhirnya penamaan SEQUEL dirubah oleh IBM menjadi SQL, hal ini didasari karena adanya permasalahan hukum mengenai penamaan SEQUEL.

Implementasi dari basis data relasional dikenal dengan sebutan System/R.

Akhir tahun 1970-an, lahirlah perusahaan Oracle yang menciptakan server basis data populer yang diberi nama Oracle, sama dengan nama perusahaan tersebut.

Tingkat kepopuleran Jhonny Oracle  semakin meningkat hal ini juga berimbas kepada tingkat kepopuleran SQL sampai saat ini, sehingga SQL menjadi standar bahasa dalam manajemen basis data.

Pada tahun 1986 dilakukan standarisasi untuk bahasa SQL, hai ini ditandai dengan dikeluarkannya standar SQL oleh ANSI, standarisasi ini biasa disebut SQL86.

Pada tahun 1989, standar SQL mengalami perbaikan dan kemudian diperbaiki lagi pada tahun 1992. Versi terakhir ini dikenal dengan sebutan SQL92. Sebenarnya pada tahun 1999 dikeluarkan standar baru yaitu SQL99 namun kebanyakan implementasi mereferensi pada SQL92.

Jenis – Jenis Perintah SQL

Dalam implementasi SQL terdapat berbagai perintah yang digunakan untuk mengakses serta manajemen data yang terdapat dalam database. Perintah – perintah tersebut dapat dikelompokkan dalam tiga sub perintah.

Tiga sub perintah tersebut adalah:

  • DDL (Data Definition Language)
  • DML (Data Manipulation Language)
  • DCL (Data Control Language)

Selanjutnya apa yang dimaksud DDL, DML, dan DCL???

Berikut adalah penjelasan dari tanda tanya tersebut :

DDL (Data Definition Language)

DDL merupakan perintah dasar dari bahasa SQL yang diperuntukkan untuk membuat sebuah struktur database baik dalam pembuatan database maupun table.

berikut beberapa perintah yang termasuk dalam DDL, yaitu:

  • CREATE : perintah ini kita pakai untuk membuat, baik untuk membuat database baru, table baru maupun kolom baru. Contoh query nya : CREATE DATABASE nama_database;
  • ALTER : perintah ini dipakai saat kita ingin mengubah struktur table yang sebelumnya sudah kita buat, seperti mengubah kolom, mengubah nama table, menambah maupun menghapus kolom serta menambah atribut pada sebuah kolom. Contoh query nya : ALTER TABLE nama_table ADD nama_kolom type_data;
  • RENAME : perintah RENAME digunakan untuk merubah nama dari suatu table maupun kolom. Contoh query nya:  RENAME TABLE nama_table_lama TO nama_table_baru;
  • DROP : perintah ini kita gunakan untuk menghapus, baik untuk menghapus database, table, kolom, maupun index. Contoh query nya : DROP DATABASE nama_database;
  • SHOW : perintah ini digunakan untuk menampilkan tables. Contoh query nya: SHOW TABLES;

DML (Data Manipulation Language)

DML merupakan perintah – perintah dari bahasa SQL yang digunakan untuk memanipulasi data yang ada di database.

Berikut perintah yang termasuk dalam DML :

  • INSERT : perintah INSERT ini digunakan untuk memasukkan record baru kedalam suatu table dalam database. Contoh query nya: INSERT INTO nama_table VALUES (data1,data2,data3,…dst);
  • SELECT : perintah SELECT digunakan untuk menampilkan dan mengambil data dari suatu table. perintah ini tidak hanya menampilkan data dari satu table tapi juga bisa lebih dari satu table dengan menggunakan relasi. Contoh query nya : SELECT nama_kolom1, nama_kolom2 FROM nama_table;
  • UPDATE : perintah UPDATE ini digunakan jika ingin memperbarui data pada sebuah table, misalkan ada kesalahan dalam memasukkan record, kita tidak perlu menghapusnya cukup kita perbaiki dengan perintah tersebut. Contoh query nya: UPDATE nama_table SET nama_kolom1=data1 WHERE nama_kolom=data;
  • DELETE : perintah DELETE ini digunakan untuk menghapus suatu record dari sebuah table. Contoh query nya : DELETE FROM nama_table WHERE nama_kolom=data;

DCL (Data Control Language)

DCL adalah perintah SQL yang digunakan untuk mengatur hak akses user, baik terhadap database maupun terhadap table dan field-field yang ada. Dengan begitu admin database bisa menjaga kerahasiaan suatu database.

Berikut perintah yang termasuk dalam DCL :

  • GRANT : perintah GRANT digunakan saat admin database ingin memberikan hak akses ke salah satu user. Hak akses tersebut bisa diatur atau dibatasi, misal nya user hanya diberi hak akses untuk UPDATE saja. Bisa juga admin memberi hak akses untuk merubah suatu table, baik INSERT, SELECT, UPDATE maupun DELETE.
  • REVOKE : perintah REVOKE adalah kebalikan dari perintah GRANT yaitu digunakan untuk mencabut atau menghapus hak akses yang telah diberikan kepada salah satu user.

Fungsi SQL

pengertian sql

SQL  (Structured Query Language) seperti sekilas yang sudah dijelaskan di pengertian SQL diatas, memiliki beberapa  fungsi sebagai berikut :

  • SQL memungkinkan kita untuk mengakses dan mengubah database.
  • SQL dapat menjalankan query terhadap database.
  • SQL bisa mengambil data dari database.
  • SQL bisa menyisipkan data ke dalam database.
  • SQL bisa memperbarui data ke dalam database.
  • SQL bisa menghapus data pada database.
  • SQL bisa membuat prosedur baru yang akan tersimpan di database.
  • SQL dapat mengatur hak akses pada table, prosedur, dan hal-hal lainnya.

Untuk menguasai berbagai hal tentang database atau basis data kita dituntut dan wajib bisa menguasai bahasa SQL, dari query – query dasar sampai yang tingkat kerumitannya luar biasa. oleh karenanya semoga ulasan ini bisa membantu pembaca untuk lebih mengenal dan memahami dasar dari SQL. mulai dari pengertian sql, sejarahnya sampai dengan fungsinya.

Demikian ulasan mengenai berbagai hal tentang SQL, telah dikupas lengkap dan tuntas.

see you…

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.