Struktur Bunga, Fungsi serta Ulasan Lengkapnya

struktur bunga
Struktur Bunga Sempurna ( Bunga Sepeatu )

Struktur Bunga – Pasti semua tahu apa itu Bunga?? setiap hari kita pasti melihat berbagai bunga. Tapi mungkin salah beranggapan tentang bunga, ternyata bunga itu merupakan alat perkembangbiakan pada tumbuhan Angiospermae.

Kenapa bunga disebut alat perkembangbiakan? hal ini dikarenakan didalam bunga terdapat alat untuk bereproduksi, seperti putik, kandung lembaga dan benang sari.

Bunga juga dianggap ujung batang (pucuk) yang termodifikasi, Struktur bunga merupakan modifikasi dari daun, dan bunga hanya muncul pada saat – saat tertentu.

Bunga memiliki struktur atau bagian – bagian, mari selanjutnya kita ulas tentang struktur bunga.

Baca Juga : Macam-Macam Penyerbukan, Ciri dan Contohnya

Struktur Bunga

Struktur Bunga
Struktur Bunga

Bunga merupakan bagian dari tumbuhan, tentunya bunga memiliki struktur dan fungsi nya tersendiri, struktur bunga adalah sebagai berikut :

1. Tangkai Bunga

Tangkai bunga merupakan bagian paling bawah dari struktur bunga. Tangkai ini memiliki fungsi menjadi penopang sekaligus penghubung antara tangkai dengan ranting pohonnya.

2. Dasar Bunga

Dasar bunga ini berada di bagian bawah dan sedikit diatas tangkai bunga. Dasar bunga memiliki fungsi sebagai tempat melekat nya mahkota bunga .

3. Kelopak Bunga

Kelopak bunga (calyx) ini merupakan bagian terluar yang menjadi selimut bagi mahkota saat bunga masih kuncup . Kelopak bunga memiliki fungsi melindungi mahkota saat kuncup sampai nanti akan terbuka saat mahkota bunga mekar. Kelopak bunga biasanya berwarna hijau atau menyerupai daun. Tiap lembaran kelopak bunga disebut daun kelopak (seoal).

4. Mahkota Bunga

Mahkota bunga (corrola)  merupakan bagian terindah dari bunga dengan warnanya yang berwarna-warni, membuat nya disebut sebagai perhiasan bunga. Warna yang indah ini akan menarik serangga – serangga untuk hinggap dan membantu proses penyerbukan.

Mahkota bunga terletak diatas  kelopak bunga, lembaran kelopak bunga disebut daun mahkota. Namun ada juga bunga yang tidak berkelopak (asepalus) atau juga tidak bermahkota (apetalus).  

Selain itu ada juga bunga yang kelopak dan mahkotanya tidak bisa dibedakan, baik dari bentuk maupun warnanya. Bunga ini disebut tenda bunga.

5. Benang sari

Letak dari benang sari berada diantara mahkota bunga (ditengah mahkota bunga). Benang sari memiliki beberapa bagian antara lain, tangkai sari (filamen), kepala sari (anthera), serta serbuk sari (polen). Serbuk sari inilah yang menghasilkan gamet jantan pada tumbuhan.

6. Putik

Terletak di pusat bunga atau inti bunga. Putik memiliki lembaran penyusun yang disebut karpel, jumlah karpel ada yang satu juga ada yang lebih dari satu. Didalam karpel inilah terdapat ovarium yang menyimpan sel telur.

Dibagian atas ovarium terdapat tangkai putik (stilus) sebagai pendukung kepala putik (stigma). Tangkai putik berbentuk saluran sempit yang berfungsi sebagai tempat lewatnya serbuk sari pada saat terjadi proses penyerbukan.

Organ reproduksi yang lengkap ini tidak selalu ada pada setiap bunga. Ada bunga yang hanya memiliki benang sari saja disebut bunga jantan, ada juga bunga yang hanya memiliki putik saja disebut bunga betina. Sedangkan bunga yang memiliki benang sari dan putik disebut bunga hemafrodit.

Fungsi Bunga

struktur bunga
Macam – Macam Bunga

Bunga memiliki fungsi sebagai alat perkembangbiakan generatif pada tumbuhan, namun ada pula fungsi bunga lainnya yaitu sebagai perhiasan bunga. Perkembangbiakan generatif adalah proses perkembangbiakan yang didahului dengan pembuahan.

pada tumbuhan berbunga pembuahan ini disebut penyerbukan dimana penyerbukan ini merupakan peristiwa jatuhnya serbuk sari ke kepala putik. Penyerbukan pada tumbuhan biasa nya dibantu oleh serangga atau angin.

Dari proses penyerbukan akan menghasilkan bakal biji dan bakal buah. Dari biji tersebutlah jika tertanam secara alami atau ditanam oleh manusia akan menghasilkan tumbuhan baru dari jenis tersebut.

Pembagian Bunga

Berdasarkan alat perkembangbiakan yang dimiliki, bunga dapat dibagi menjadi :

Bunga Lengkap

Bunga Lengkap
Bunga Lengkap

Bunga lengkap merupakan bunga yang memiliki alat pembiak dan perhiasan bunga.Pada perhiasan bunga nya terdiri dari : kelopak bunga dan mahkota bunga. sedangkan alat pembiaknya terdiri dari : putik sebagai alat pembiak betina sebagai ovum dan benag sari sebagai alat pembiak jantan yang menghasilkan gamet.

Bunga Tidak Lengkap

bunga tidak lengkap
Bunga tidak lengkap

Bunga tidak lengkap ini tidak memiliki salah satu antara alat pembiak atau perhiasan bunga. hal ini dibedakan menjadi dua, yaitu Bunga telanjang sebutan bagi bunga yang tidak memiliki perhiasan bunga dan Bunga mandul bagi bunga yang tidak memiliki alat pembiak.

Demikianlah pembahasan tentang struktur bunga bagian-bagiannya serta fungsinya. semoga pembahasan tersebut bisa menambah pengetahuan kita tentang bunga. Terimakasih 🙂

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.